Thursday, June 21, 2018

Pengalaman Melamar Kerja Sebagai Barista di Starbucks Indonesia



My Team : Starbucks Living World Pekanbaru
Make Every Customer Feel Special
 Thursday, 21 June 2018
    Hallo guys,  
Sudah lama tidak posting, kali ini aku mau berbagi cerita tentang karir yang baru aku mulai. Yap, disamping sibuk kuliah (jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Riau) sekarang aku juga memulai karir baru di Starbucks, as barista ofcourse. Well, ditulisan kali ini kita gak akan bahas pengalaman menjadi barista atau membahas Starbucks nya secara mendalam, tapi kita akan fokus tentang pengalaman aku Apply jadi Barista di Starbucks. Di tulisan berikutnya mungkin aku akan tulis mengenai pengalaman jadi barista nya ya. So, jangan lupa disubscribe dulu blog aku buat ikutin postingan-postingan aku berikut nya.
....
Okay langsung saja, 

Sebelum aku apply jadi barista di starbucks, aku punya teman satu jurusan namanya Bayu Atmajaya dan dia udah duluan jadi barista di situ. Jadi sedikit banyak aku tahu mengenai job ini dari dia. Then, aku tertarik untuk join juga di starbucks sebagai barista. Kerja di salah satu gerai ternama di dunia tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Ditambah lagi aku emang suka mencari pengalaman baru.
 Nah, dia kasih saran sering-sering aja lihat postingan di sosial media nya Starbucks, aku sih follow akun instagram nya yaitu @karirstarbucksindonesia , waktu kira-kira akhir tahun 2017, akun instagram nya starbucks posting bahwa telah dibuka Walk-in Interview untuk kota Pekanbaru, namun sangat disayangkan aku cek postingan nya bertepatan dengan hari dilaksanakannya Interview, sementara aku belum siapin berkas. Selain itu, bertepatan juga dengan masa liburan semester kuliah aku. So, aku ga jadi ikut Walk-in Interview saat itu.
..
Next, awal tahun 2018 aku tungguin postingan dari akun instagram nya, banyak juga buka Walk-in Interview tapi bukan di kota aku (Pekanbaru, Riau).
Tanggal 31 Maret 2018, akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, si akun instagramnya starbucks posting bahwa akan diadakan Walk-in Interview di Starbucks SKA Pekanbaru pada tanggal 4-5 April 2018. So, aku langsung siapin berkas-berkas nya. Nah for your information, berkas-berkas yang waktu itu aku siapin adalah :
  1. Curriculum Vitae (CV), yang bingung bentuk cv nya seperti apa, kalian cukup isi data kalian di https://www.career-sbuxindonesia.com/ nanti setelah itu baru kalian download file nya. Btw, dengan mengisi data melalui laman web tersebut berarti kalian juga sudah apply untuk kerja di starbucks secara online.
  2. Surat Lamaran Pekerjaan
  3. Sertifikat TOEFL, ini sebenernya gak wajib, namun karena aku sudah punya ya aku lampirkan saja, siapa tahu cukup membantu untuk menjadi pertimbangan HR nya. Karena kerja di starbucks kalian bakal dituntut untuk bisa berbahasa inggris. Apalagi kalau kalian berada di kota –kota besar, atau public place yang cukup sering dikunjungi turis seperti bandara dsb. Namun secara keseluruhan kalian gak dituntut untuk ‘jago banget’ sih, minimal bisa menangani customer yang menggunakan bahasa inggris.
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy Ijazah Terakhir
  6. Kartu Rencana Studi (KRS), karena aku masih kuliah jadi aku daftar untuk Part Timer, part timer/paruh waktu ini berarti kerja nya tidak penuh, nanti jadwal kerja aku bakal disesuaikan dengan jadwal kuliah, jadi gak akan ganggu kuliah aku. Nah untuk perbedaan apa itu part timer dan full timer aku rasa udah pada tahu ya :D nanti aku jelasin dikit diakhir tulisan.
Okay, setelah semua berkas aku siapin aku tinggal nunggu jadwal Walk-in Inteview nya, yaitu tanggal 4-5 April 2018 di Starbucks SKA Pekanbaru pukul 09.00 – 11.00 WIB.
Hari interview pun tiba, aku berangkat dari rumah pukul 08.00, perjalanan sekitar 20 menit. Hampir pukul setengah 09.00 aku sudah sampai di lokasi. Kenapa aku datang lebih awal? Karena sebelumnya aku juga sudah baca-baca mengenai interview di starbucks, peminat nya banyak, so biar ga antri cukup lama kalian harus datang lebih awal. Benar saja, masih 30 menit sebelum interview dibuka sudah banyak orang yang antri buat ngasih data ke mbak-mbak yang ngurusin interview nya. 
..
Sedikit cerita : untuk full timer sepertinya dicari yang memiliki pengalaman kerja, dan kalau memang ada pengalaman kerja harus ada surat keterangan dari perusahaan sebelum nya yang menyatakan kamu pernah bekerja di perusahaan tersebut, istilah umum nya reference letter dari perusahaan sebelumnya. Karena waktu itu, ada yang apply untuk jadi full timer tapi belum ikut interview berkas nya ditolak karena dia ga punya reference letter, padahal dia sudah ada pengalaman kerja 3 tahun. Namun mungkin belum rezeki nya. Tapi buat teman-teman jangan menutup semangat, tetap coba apply siapa tahu rezeki. Untuk aku sendiri, waktu itu Cuma ditanyain udah pernah kerja sebelum nya? Aku jawab saja belum. Namun karena aku apply nya sebagai part timer jadi berkas aku Cuma di-Hold (bukan ditolak), di-Hold berarti hanya ditahan dulu, nanti mereka akan kabari apakah berkas aku diterima untuk lanjut interview apa engga. Disuruh tunggu sekitar 15 menit.
..
Tak lama setelah menunggu, nomor antrian aku ternyata dipanggil (Oh ya diawal sebelum kasih berkas kita ada disuruh isi daftar hadir gitu). Nah ini berarti berkas aku lolos untuk lanjut interview. Aku samperin mbak-mbak nya, terus aku dikasih form lagi buat diisi, form ini berisi data yang lebih lengkap mengenai diri kita. *TIPS buat teman-teman : Selalu bawa salinan Kartu Keluarga dan KTP, karena ada beberapa informasi yang harus dicantumkan seperti data-data anggota keluarga.
..
Next, form tadi aku balikin ke mbak-mbak nya, setelah itu baru aku dipanggil buat interview. Akhirnya aku masuk ke ruangan, btw ruangan yang digunakan untuk interview gak seram kok, karena interview nya di dalam store starbucks itu langsung, jadi sedikit enjoy, walaupun dalam hati juga masih bertanya-tanya ‘kira-kira yang ditanyain apa ya?’ .
Well, aku sapa interviewer nya, aku beri salam dan minta diri untuk duduk. Sedikit tips yang sering aku baca sih saat interview jangan duduk sebelum dipersilahkan, atau kalian boleh minta izin untuk duduk, sekalipun saat itu menurut aku tidak terlalu mempengaruhi tapi gak ada salahnya dilakukan, minimal menaikkan standar diri kamu.
Interview dimulai, pertama interviewer nya perkenalan, kemudian aku diminta memperkenalkan diri, setelah itu aku mulai diberi pertanyaan-pertanyaan, pertanyaan yang diajukan ternyata hanya seputar apa aktivitas sekarang, aktif di organisasi apa, keluarga bagaimana, kendaraan pribadi juga ditanya,apa motivasi nya mau kerja di starbucks, udah tahu belum starbucks itu apa, kerja nya bagaimana,  terus ditanya juga bisa bahasa inggris apa engga, kemudian aku dimintain juga kasih contoh memberi tawaran dalam bahasa inggris, Perkenalan ulang pakai bahasa inggris, dan sebagainya. Gak seram sih, Cuma kalian harus prepare mental.
*TIPS : jawablah setiap pertanyaan dengan jujur, perhatikan nada bicara, posisi duduk dan buatlah suasana wawancara menjadi nyaman dan seolah-olah sedang berbincang, jangan terlalu tegang, tapi jangan juga sampai berlebihan.
Di akhir wawancara, interviewer nya bilang ‘sebelum berakhir, ada yang mau ditanyakan?’, lantas aku bertanya ‘mbak/buk, kira-kira kalau lolos dikabarin nya kapan dan via apa ya?, dia jawab ‘nanti akan kita hubungi dalam waktu 2 minggu ke depan kalau kamu lolos, kalau ga dihubungi berarti gak lolos, data nya tadi sudah dikasih kan, nah nomor telepon nya harus selalu aktif ya, karena nanti kalau ga aktif maka kamu kehilangan kesempatannya’ , ‘oh begitu, baiklah, terimakasih’(jangan lupa ucapkan terimakasih, beri salam dan mohon diri untuk pamit)
.....
Selang waktu 2 minggu telah berakhir, aku belum juga dikabarin, padahal selalu pastiin kondisi hp dalam keadaan hidup dan jaringan bagus. Dalam hati sudah pupus berarti tidak lolos, namun ternyata 2 hari berikutnya, saat itu aku sedang berada di supermarket, aku dapat telepon dan nomor telepon nya adalah nomor telepon kantor, jantung mulai berdetak agak sedikit lebih kencang hehehe, aku langsung cari suasana sepi di dalam super market, tentunya ga mau dong saat ditelpon malah ga bisa denger karena berisik. Ternyata benar, itu telepon dari HRD Starbucks di Jakarta, dia minta waktu sekita 15 menit untuk interview, aku pun langsung menyanggupi dan meminta 2 menit untuk mencari tempat yang pas dan tenang untuk interview. Interview kedua ini hanya via telepon, HRD nya mbak-mbak, di interview kedua ini pertanyaan nya sedikit banyak sama dengan interview pertama, hanya lebih memastikan lagi apakah kita sudah paham dengan pekerjaan yang akan kita jalani nanti, selain itu kemampuan bahasa inggris juga di test ulang, aku dimintain buat kasih contoh nawarin ke dia (she as customer and me as barista) dalam bahasa inggris. Setelah dirasa layak, akhirnya HRD nya kasih tahu kalau aku harus ikut tes berikut nya yaitu Medical Check -Up (MCU), dia kasih alamat tempat medical check up, dan kirim email pengantar nya ke email aku. For your information Medical Check-Up nya free dibayarin oleh perusahaan, kita cukup tunjukin surat pengantar yang sudah dikirim via email oleh HRD nya.
Then, aku datang ke lokasi medical check up yaitu klinik yang sudah ditunjuk oleh perusahaan, pada tanggal dan waktu yang sudah ditentukan tentunya. Yang dicek gak banyak, rontgent dan darah, kemudian aku lupa apa lagi, intinya ga banyak deh.
..
Tidak ingat berapa hari setelah itu aku baru mendapat telepon lagi, sepertinya hampir 2 minggu juga, aku sudah takut apakah sudah sampai medical check-up masih bisa gugur apa engga, akhirnya aku juga berselancar di google mencari informasi. Kebanyakan sih katanya kalau sudah sampai medical check up sudah pasti masuk, tapi di beberapa cerita lainnya ternyata ada juga yang gugur walau sudah sampai medical check-up. 
..
2 weeks after medical check-up Aku dapat telepon lagi dan dikabari bahwa aku sudah diterima sebagai Partner di Starbucks (di starbucks karyawan disebut Partner) J  
Wow... senangnya hati saat itu, sedikit tidak menyangka juga diterima karena yang apply cukup banyak dan bahkan banyak yang punya pengalaman kerja. Tapi fakta mengatakan berbeda J
Walaupun secara pribadi aku optimis diterima sih hehe 
..
kemudian aku di-WA oleh  salah satu partner (barista senior, posisi nya sudah Assisten Store Manager di Starbucks SKA Pekanbaru), nama nya Rama Chandra, terus aku dimasukin ke grup yang isi nya partner2 baru. Aku juga dikirim email yang berisi Surat Izin Orang Tua dan harus ditanda tangani diatas materai. Kemudian disuruh datang pada tanggal yang ditentukan untuk tanda tangan kontrak dengan membawa surat tadi dan juga disuruh buka rekening bca jika belum punya. Karena perusahaan kerja sama nya dengan BCA untuk pengiriman gaji nanti nya.
Jadi, kerja di starbucks itu kita bakal terikat kontrak selama 1,5 tahun, dan ijazah terakhir kita bakal ditahan selama satu tahun. Jika kita resign sebelum satu tahun maka kita akan dikenakan pinalty, untuk part time itu pinalty nya sebesar  5jt dan untuk full timer itu sebesar 8jt rupiah kalau ga salah.
..
Nanti untuk semua kejelasan mengenai kontraknya disampainkan pada saat sebelum kita tanda tangan dan menyerahkan ijazah kita. So guys kalau mau apply harus matang dari awal yaa, harus siap dengan segala konsekuensi nya. Mengenai perhitungan gaji juga disampaikan disini.
Oh ya aku bakal kasih tahu sedikit perbedaan tentang Part Timer dan Full Timer seperti yang aku janjiin di awal tadi. Jadi, kalau Part Timer/paruh waktu itu kita kerja nya diwajibkan minimal 20 jam kerja dalam 1 minggu. Nah itu berarti kita kerja minimal kira-kira 2,5 hari. Kebanyakan posisi part time ini diisi sama anak kuliahan. Dan jadwal kerja nya akan menyesuaikan dengan jadwal kuliah kita. Tapi sebagai karyawan tentunya kita harus siap juga jika dalam keadaan tertentu kita diminta untuk masuk kerja. Sedangkan Full Timer/penuh waktu itu kerja nya full dalam seminggu, minimal 5 hari kerja dan 2 hari libur dalam satu minggu. Jadi kalau buat anak kuliahan kurang cocok guys. Dan satu hal yang pasti hitungan gaji part time dan full time tentu berbeda ya guys.
.. 
semoga tulisan diatas bermanfaat buat teman-teman yang mau apply jadi barista di Starbucks :)
Tetap Semangat yaa (y)
..
Okeh guys sekian dulu untuk cerita kali ini. Bagi yang pengen tahu lebih lanjut boleh comment dibawah yaa :) atau langsung kirim email ke aku di ezherezher@gmail.com
 ..
See u at the next post!

136 comments:

  1. share sedikit dong tentang gaji di starbucks secara garis besarnya aja tp kalo mau ditail juga gapapa hehe

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Bisa tolong kasih tau ga itu berarti daftar online kita tunggu dikabarin atau udah daftar online kita ttp dateng walkin interview ya? Dan ada ga cara buat download cv onlinenya soalnya data saya ilang bisa tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email : ekky_yohanes@yahoo.com

      Delete
    2. kalau sedang ada buka Walk-in Interview langsung saja datang bawa lamaran nya. Tidak perlu tunggu email. Kalau cv online kamu hilang coba apply ulang saja dan download lagi.

      Delete
    3. Kalau apply ulang juga itu dengan format data yang sama dengan yang ilang gak ka? Soalnya ada perlu verifikasi email ,kalo sama pasti gak kebuka

      Delete
    4. Jadi harus menggunakan email berbeda kalo kita apply ulang cv?

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Kakak boleh shrae info gaji fulltimer di SB brapa ya? Emagus12@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Kak kalau mau apply full time tapi lulusan smk pariwisata dan pengalaman ga banyak kira kira bisa ga ya? Besok mau ikut interview, gugup sayaㅠㅠ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, aku juga waktu interview belum punya pengalaman kerja, walaupun pengalaman kerja akan menjadi nilai tambah, terutama untuk fulltime.

      Delete
  6. kak boleh share info gaji part time & full time di sb? andiman.u18@gmail.com
    makasih ya:)

    ReplyDelete
  7. Hallo, aku coba jawab satu2 ya,:

    1. Bisa tolong kasih tau ga itu berarti daftar online kita tunggu dikabarin atau udah daftar online kita ttp dateng walkin interview ya? Dan ada ga cara buat download cv onlinenya soalnya data saya ilang bisa tolong bantuannya
    = kalau sedang ada buka Walk-in Interview langsung saja datang bawa lamaran nya. Tidak perlu tunggu email. Kalau cv online kamu hilang coba apply ulang saja dan download lagi.

    2. Kak kalau mau apply full time tapi lulusan smk pariwisata dan pengalaman ga banyak kira kira bisa ga ya? Besok mau ikut interview, gugup sayaㅠㅠ
    = Bisa, aku juga waktu interview belum punya pengalaman kerja, walaupun pengalaman kerja akan menjadi nilai tambah, terutama untuk fulltime.

    3. kak Gaji Part Time brp ya?kalo Fulltime berapa ya?
    = Nah, untuk gaji itu disesuaikan dengan UMR seperti nya. saya kurang paham juga. untuk Area Pekanbaru,Riau itu Gaji Fulltime nya Rp. 2.750.000 (kalau saya tidak salah, karna saya bukan fulltime, hehe). Kalau untuk PartTime itu Rp.121.800/shift/1 hari kerja (1 shift = 8 jam kerja dan 1 jam break. 1/2 shift = 4 jam kerja, kalau 1/2 shift gaji per 1 shift nya tinggal di bagi 2) nah dalam 1 minggu minimal masuk 20 jam kerja.
    untuk hasil akhir yang diterima per Bulan nya berapa teman2 bisa hitung sendiri ya. 1 minggu itu maksimal bisa masuk 5 shift untuk PartTime atau sama dengan 5 hari kerja dalam satu minggu.
    *untuk daerah lain pasti akan berbeda, disesuaikan juga dengan UMR daerah nya, seperti di Jakarta, Bali, dan kota2 besar lainnya pasti beda. karna biaya hidup juga beda hehehe...


    jika teman2 masih ada yang ingin ditanyakan secara langsung bisa email saya di ezherezher@gmail.com

    atau follow instagram saya di @ben.pakpahan

    ReplyDelete
  8. Hello bro, gw jga beberapa bulan lalu apply lewat website sbux and hari minggu kemarin dapet telpon interview dri pusat. Terus lusanya baru dipanggil interview di store sbux, jadi prosesnya agak kebalik. Tapi skrng was2 apa bakal dipanggil buat mcu, nunggu kabar dri sbux emang main mingguan ya? Coz gw lagi part-time jga, and pengen kasih resign notice ke bos tpi takutnya malah gak dapet panggilan dari starbucks -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halli Arrifky, terimakasih sudah berkunjung di blog saya.
      untuk alur nya bisa saja kebalik tergantung perusahaan.
      untuk informasi nya memang sedikit lama menunggu. Biasanya maksimal 2 minggu, kalau tidak ada dikabarin sampai 2 minggu kemungkinan tidak diterima. namun jangan pupus harapan. kemarin aku dihubungi bahkan setelah 2 minggu, ternyata nama aku masuk ke dalam daftar cadangan.
      untuk kerjaan yang sekarang jangan resign dulu sih menurut saya, nanti setelah fix diterima di starbucks baru coba komunikasikan ke manajer sbux nya, mulai kapan bisa masuk di starbucks. hal tersebut saya rasa lumrah.

      Delete
  9. Kak, itu saya baca kalau part time dikontrak 1,5 tahun dan kalau resign sebelum 1 tahun berarti kena penalty. Berarti kalau udah 1 tahun dan mau resign, gak akan kena penalty kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mutiara, jika sudah lebih dari 1 tahun tidak kena pinalty

      Delete
  10. Bahasa inggris itu penting gak si?kalo gak bisa gimana? Gak diterima kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa inggris tentunya penting, karna customer yang akan dihadapi tidak lepas dari yang namanya turis mancanegara. selain itu modul2 yang ada di starbucks semuanya berbahasa inggris. tentunya penguasaan bahasa inggris akan memudahkan kita dalam grow up skill dan knowledge.

      Delete
  11. Hallo kak. Aku udah ada rencana untuk part time di starbucks karena aku masih kuliah smt 2. Tapi aku masih bingung sama jam kerjanya. Kira kira untjam kerja ga akan mengganggu jam kuliah? Untuk jam kerja max dan min perharinya brp jam kak? Mohon dijawab, karena aku bakalan ikut walk in interview tgl 16 januari 2019 nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo anya, untuk jam kerja minimal dan maksimal dalam satu hari ataupun satu minggu udah aku jelasin diatas ya, silahkan dibaca lagi :))
      kalau untuk part time pastinya tidak akan mengganggu jadwal kuliah, selagi jam kerja minimal dalam 1 minggu nya terpenuhi.
      namun untuk memastikan silahkan ditanya saat interview, karna setiap hiring pastinya berbeda2 sesuai kebutuhan store.

      Delete
  12. Kak,aku udah di interview lgsg di starbucks Batam, lancar2 ajasih, cuma katanya akan dihubungi dalam waktu 2 hari dan diinterview via telepon ada yg pake bhs inggris ,kira2 ketrima ga yaya kak

    ReplyDelete
  13. Kasih contoh ngomong bahasa inggrisnya donk yg ditanyain sama hrdny

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo achmad, rata2 hanya diminta perkenalan diri menggunakan bahasa inggris. kemudian diminta mensimulasikan bagaimana kita menawarkan product dalam bahasa inggris.

      Delete
  14. Kak, kalau untuk penempatan tempat kerja nya itu gimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penempatan kerja ditentukan oleh District Manager. Tergantung kebutuhan. biasanya juga saat open lowongan sudah bisa dipastikan akan ditempatkan dimana. kecuali sedang hiring besar2an. itu akan ditempatkan sesuai kebutuhan perusahaan.

      Delete
  15. Kak kalo misalnya kita lulusan sma tidak kuliah dan mau partime apakah bisa? Saya sudah tidak kuliah, dikarenakan berhenti. Saya sudah apply juga di blog starbucks nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Ray,
      tetap bisa kok, namun jika sedang dibutuhkan full time sebaiknya langsung melamar sebagai full time barista saja. Untuk upah kerja lebih besar dari part time, dan juga akan lebih cepat untuk jenjang karirnya. Selain itu, baik part time maupun full time kontrak nya sama, dan ijazah ditahan dengan jangka waktu yang sama.

      Delete
  16. Halo saya mau nanya, kalo diluar jakarta training pertama nya di head office jg yah? Atau hanya di store saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Training nya langsung di store dimana kita ditematkan nantinya. Kecuali di kota tersebut belum ada Starbucks dan baru akan dibuka untuk pertama kali nya.

      Delete
  17. Halo kak saya mau nanya
    Itu kontrak kerjanya wajib tahan ijazah atau boleh berkas yang lain?

    ReplyDelete
  18. Hallo kak. Untuk pengisian CV itu harus melalu web karir starbucksnya atau boleh bawa CV sendiri saat walk in interview?

    ReplyDelete
  19. Saya Mau Nanya Bg
    Kalau Kita Sudah Pernah kerja di Burger king, masih Bisa Ngelamar Ke Starbuck ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa, kebetulan Burger King dan Starbucks masih dalam satu grup perusahaan PT. Mitra Adi Perkasa. Thank you.

      Delete
  20. Sampai sekarang, apakah kontraknya masih 1,5thn? Saya pengennya sih cuma 6 bulan gitu, bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih 1,5 tahun setahu saya. maaf sejauh yang saya tahu juga tidak bisa hanya untuk 6 bulan. Starbucks mendevelopt karyawan nya dengan sangat baik dengan proses yang berkelanjutan tentunya.
      kalau mau kerja hanya untuk 3 atau 6 bulan saya sarankan di Ramayan atau Matahari Dept Store, setahu saya disana bisa 3 bulan, bahkan ada kontrak khusus untuk periode lebaran saja.
      Terimakasih.

      Delete
  21. Semalam aku interview kak tapi ditanyain tentang suka lagu apa sama interviwer nya dan lagi selama interview full bahasa Indonesia.hari senin katanya pling lama utk panggilannya. Menurut kk gimana itu ya ? Minimal brpa org sih kk yg lolos ? 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam proses recruitment HRD atau pun interviewer tentunya memiliki cara tersendiri untuk menilai orang lain. jadi tidak menutup kemungkinan ditanyai suka musik apa.
      untuk minimal berapa orang itu tidak ada, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
      Thank you.

      Delete
  22. ka kalo walk in interview itu yg cewe wajib pake kemeja putih dan rok atau ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Felicia, saat interview kamu bebas kok pake baju warna apa aja, yang penting rapi, sopan, dan membuat kamu lebih percaya diri.

      Delete
  23. Kak ex partner sbux apa masih bisa melamar lagi di lain waktu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,
      Kalau udah pernah kerja di sbux terus mau ngelamar lagi di lain waktu ya bisa saja, malah akan lebih gampang masuk nya karna kamu sudah punya pengalaman. Namun, tergantung juga kamu nya berhenti kerja di sbux karna apa, dan apakah dengan cara baik2 atau gimana proses berhenti nya.

      Delete
  24. Kak mau tanya, aku udah apply cv via website nya sbux, dan ada tombol download nya juga. Aku harus tunggu jawaban di email ku dari sbux atau harus langsung ke store sbux? Kebetulan aku juga fresh graduate dan ijazah juga belum keluar, itu bisa atau engga ya kak? Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo nadia, jika kamu sudah apply by web maka starbucks akan mengirimkan kamu email untuk interview apabila sedang ada lowongan. Selain itu, jika sedang ada jadwal walk-in interview di kota mu, kamu bisa juga ikut. Untuk ijazah, bisa menggunakan ijazah SMA. Thank you.

      Delete
  25. ka surat lamarannya kaka buat dalam bahasa indo atau inggris ya?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo windy,
      bahasa Inggris lebih bagus, bahasa Indonesia juga tidak apa apa.

      Delete
  26. Kak bawa pas foto tidak pas interview? Kalau iya ukuran berapa ya? Terimakasih

    ReplyDelete
  27. kak, masih bingung nih kan katanya yg part time minimal 2,5 jam perhari, sedangkan 1 shift(8 jam) = Rp.121.800
    kalo cuman ambil 2,5 brarti gimana gajinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2,5 x 121.000 itu gaji kamu per minggu,
      gaji keluar nya perbulan, jadi tinggal hitung aja untuk 4 minggu

      Delete
  28. kak aku udah ngumpulin berkas persetujuan ortu nih. tapi kok belum di kabarin lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ditunggu, jika lolos pasti akan dikabarin kembali.

      Delete
  29. Kak mau tanya kalau kita lipa mendownload cv yang kita isi di web Starbucks gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan bawa cv pribadi saat walk-in interview juga bisa

      Delete
  30. Kak emang bener ya kerja di sbux gak boleh pake hijab?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  31. Bro thx infonya, btw bro kalo gak ada pengalaman jadi barista/buat coffee jadi kendala gak ya? Bakal di training kah? Inggris'saya lumayan level dewa nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman kerja akan jadi nilai lebih. Tanpa pengalaman tidak menutup kemungkinan untuk diterima. Saya juga dulu daftar nya tanpa pengalaman.

      Delete
  32. kak numpang tanya kalo fresh graduate ngelamar bisa jadi barista karena besok mau coba naro lamaran?mohon ka infonya dan untuk fresh graduate itu berkasnya apa saja ya mohon dijawab🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkas tetap seperti lamaran biasa. Saya rasa jika anda fresh graduate lebih baik pertimbangkan kembali untuk jadi barista, sebaiknya lamar pekerjaan sesuai bidang anda. Namun jika memang passion di coffee silahkan.

      Delete
  33. halo kak aku mau nanya, apa benar gaboleh pakai jilbab? kalau misalkan semacam ciput atau penutup kepala juga gaboleh kak?

    ReplyDelete
  34. halo kak kalau kita mau berhenti sebelum 1 tahun karena mau lanjut kuliah kerjanya bisa minta switch dari full time ke part time nggak ya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk itu saya kurang tahu. biasanya sih dari part time naik ke fulltime. kalau dari fulltime ke part time saya kurang tahu.

      Delete
  35. Bang saya senin ada panggilan dari starbucks, doain ya semoga keterima:)

    ReplyDelete
  36. halo kak, mau tanya utuk MCU kemarin rontgennya full atau hanya thorax aja ya?

    ReplyDelete
  37. kak misal saya bisa masuk, harus terus kerja selama satu tahun bener2 full kah? ... tapi pas libur semester ada acara diluar kota/negeri selama seminggu boleh cuti tidak? atau diganti jam kerjanya di minggu lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak masih online ta... baru sadar postnya udah lama.... klo ada saran parttime lagi monggo dishare

      Delete
  38. Kak ijasah wajib? Klau transkrip nilai lagi kuliah gmna? Soalnya ijasah SMA saya gk tau kmna

    ReplyDelete
  39. Kak kalo GK bisa bahasa Inggris gimana ya , keterima atau nggak .soalnya aku besok ada walk interview di Bandung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sama sekali GK bisa bahasa inggris saya rasa pasti tidak diterima. Saya sarankan kursus bahasa inggris. Pasti akan sangat berguna bagi kehidupan kamu kedepannya. Terimakasih.

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  41. Hallo kak salam kenal.
    Can I ask something for you?
    Kalau starbucks itu masih satu perusahaan dengan Krispy Kreme kah? Saya sudah pernah interview Sbux 3 kali tapi ga keterima karena saya masih mahasiswa smt 2. Sedangkan kualifikasi untuk yg kuliah harus smt 4 . Apakah sistem itu sama dengan yang ada di krispy kreme?
    Thank You.
    Best Regrads,

    Annisa :)

    ReplyDelete
  42. kak salam kenal saya mau tanya kalo misalnya kita apply langsung ke salah satu sbuck cabangnya bisa ga ka? soalnya aku liat di dkt rumah aku ada announce di dpn ointu sbucknya kalo dia buka lowongan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Antar aja lamaran nya langsung ke store. kemungkinan mereka hanya cari 1 karyawan.

      Delete
  43. kak saya mau tanya nih, agak remeh sih. jadi aku berulang-ulang applied ke sbucks via online tp selalu salah di format tanggal lahir. boleh kasih contoh ngisinya yang bener gimana? tks before

    ReplyDelete
  44. Halo,mau tnya.klu misalnya kita kerja part time di sbucks dan, sya anak daerah jdi pas liburan smsternya hrus pulang ke daerah, jdi bisa cuti gk?

    ReplyDelete
  45. Kak aku mau nanya nih, tgl 30 juli kemaren aku ikut walk-in interview terus setelah interview aku dikasih tau bakalan di hubungi 2 minggu lgi, tpi 1 minggu setelah interview aku udh ditelpon, terus kata mba"nya nanti dihubingi lgi ya ktanyanya, tpi sampe sekarang udh mau 1 minggu blm nelpon juga, apakah aku ngga lolos?

    ReplyDelete
  46. Mau tannya nih kan saya sudah jadi new partner nya SB kalau untuk parttime yang engga kuliaj schedule nya bagaimana yah? Apakah 4 hari kerja atau tergantung occupenci nya si store sendiri?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  47. Berarti Gak Harur Bisa B.inggeris?

    ReplyDelete
  48. Halo kak,aku mau nanya,kalau umur aku 17 tahun 5 bulan bisa ga ya applied ke sbux?makasih kak ����

    ReplyDelete
  49. Kak jika melamar kerja starbuck harus pandai bahas inggris ya??

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Kak, bukannya sekarang tahan ijazah udah ngga boleh ya?

    ReplyDelete
  52. Berapa lama sih jeda untuk ikut interview selanjutnya??? Btw interviewernya bilang "setelah ini kamu jgn ikut walkin interview lagi dulu ya"..
    Sebenerya, setelah itu gw udah dipanggil 2x untuk melakukan interview slanjutnya(di 2 store yg berbeda). Interviewer terakhir bilang " kmu sbnrnya udh kterima di hrd, tinggal tunggu penempatan". So far udah 4 minggu nih gw kaga dikabarin dr intervie yg terakhir.
    Ada walkin lagi sih, pgn ikut. Boleh gak si?
    Wish u read this. Pls spend ur time to me! thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kalau gitu sih kamu tinggal tunggu telepon dari Hrd saja. Kalau kamu ikut walk-in interview lagi ditakutkan data kamu ganda dan akan membingungkan Hrd. Better for you to follow the advice. Thanks for comment.

      Delete
  53. Kak, saya mau nanya. Beberapa hari lalu saya udah submit data, tapi saya lupa download dan saya kira bakal dapat email dari starbucks, mana besok ada walk-in interview. Trus tadi coba submit ulang data malah gak bisa karena emailnya udah terdaftar. Pertanyaan saya, apa boleh kita bisa minta file dari teman (karena dia udah download) trus diedit dgn data sendiri atau bawa cv yang berbeda saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk walk-in interview sih menurut aku bawa CV buatan sendiri juga ga masalah.

      Delete
  54. halo kak, aku mau nanya. klo fresh graduate itu pasti keterima gak sih? dr yg aku baca komen diatas katanya fresh graduate lebih baik cari di bidang lain itu maksudnya gimana?. kan fresh gradute itu yg baru lulus banget apa itu menutup kemungkinan gak diterima atau gimana. Makasih kak, semoga dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, menurut aku sih dengan status fresh graduated memang tidak menutup kemungkinan untuk melamar ataupun bekerja dimana saja. Namun, alangkah baiknya melamar sesuai jurusan yang diambil saat kuliah. Dimana kebanyakan untuk bekerja sebagai barista di starbucks tidak membutuhkan bidang ilmu khusus. kalau mau apply di Head Office nya aja. Sayang aja gitu kalau udah kuliah 4 tahun tapi cari kerja ga sesuai dengan gelar yang kita perjuangin. Tapi sekali lagi, hidup itu penuh rahasia. Kesimpulan nya tidak masalah fresh graduated melamar sebagai barista di starbucks. Peluang diterima nya gimana? itu balik lagi ke kualifikasi kita. Thank you.

      Delete
  55. Halo kak mau nanya, 3 hari yg lalu aku udah coba submit data tapi belum ada kabar, pingin nyoba walk in interview tp cari tahu info tentang walk in interviewnya dimana ya? di instagram starbucknya? Soalnya baru cari2 ga ada di instagramnya, makasih kak🙇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kak walk in nya di pim besok

      Delete
    2. Saya posisi di semarang kak, kira2 buat nyari info walk in dimana ya?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. kak mau nanya, klo pas interview ga hijab tp di ktp nya hijab bakal dipermasalahin ga? soalnya kan katanya gaboleh hijab tp aku mau apply part time di sbux, terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  58. Selamat siang ka,
    ka saya sudah register di website career-sbuxindonesia.com tapi tidak muncul instruksi untuk download file yg sudah kita isi tadi. Hari berikutnya saya coba daftar tapi setelah klik submit cuma ada notif sebelumnya sudah mendaftar. Nah itu bagaimana ya ka? apakah tetap datang walk in dengan cv yg kita buat sendiri atau tetap pakai cv yg dari website itu? mohon infonya ya ka..

    ReplyDelete
  59. Kak kalau udah masuk nih bisa nggk dari starbcuks di kota A pindah ke starbucks di kota B kak ?

    ReplyDelete
  60. Hai kak, thanks banget infonya. Saat ini aku dah di tahap lulus MCU, hari ini sign contract.Jadi ku cba googling dikit ttg kesepakatannya. Tapi aku masih krang ngerti sma pnghitungan jam kerja dan gaji nih. Krna ada temenku juga yg udh kerja part time dluan, jadi aku dpet info klo di batam per hari 181.300, nah semaksimalnya itu 1 minggu bisa kerja seberapa lama dan itungan gajinya gimana tuh? Thank you so much once again. 😊

    ReplyDelete
  61. Halo ka, aku dapat email dari starbuck untuk interview besok nah disitu harus bawa CV, CV yang dimaksud itu yamg kaya gimana si? Dan untuk surat referensi kan kata kaka diatas harus ada, tapi ditulis di email saya (jika ada) itu pengaruh ga si? Haduh besok degdegan, semoga dibales yaaaaa makasih, dan kasih motivasinya kaa biar lancar please :') and my english not good :(

    ReplyDelete
  62. Mau tau dong kak, di SB trima lulusan SMK(Adm.perkntoran)gak ya?

    ReplyDelete
  63. Hallo kak, mau nanya
    Kalo kerja fulltime di SB sistem kerja dan libur gimana, terimakasih

    ReplyDelete
  64. Hallo kak ,aku mau tanya Klo kau ngambil full time trs dgn fresh graduate SMK (tata boga) bisa ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan aku juga punya sertifikat pil food and beverage itu ada kemungkinan bisa atau enggak? Terimakasih

      Delete
  65. Kak kalo mata minus bisa nglamar ngga ya ???

    ReplyDelete
  66. Ka aku mau nanya "aku msh smk jurusan multimedia kira” bisa ga ya parttime di starbucks"?

    ReplyDelete
  67. Aku mau nanya ka , kita kalo ngelamar di stbx harus punya sertifikat barista ? Atau tanpa srtfkt itupun kita bisa melamar kerja di sana ?

    Kalo disana untuk wanita nya tidak boleh berhijab ya ka ??

    ReplyDelete
  68. Kk aku mau tanya ni klo setelah apply n submit tapi trus gk dapat pemberitahuan untuk interview, solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
  69. halo kak, blog kakak sangat membantu saya terkait informasi part time di starbucks.. tapi disini saya ingin nanya kak, cara untuk mendownload cv dari website lamaran online starbucks gimana ya?

    ReplyDelete
  70. Kak mau tanya, kalo ga kuliah tapi ambil part time boleh ga ? Bukan karna libur kuliah, tapi emang ga kuliah, boleh ga ya kak kalo ambil part time ? Aku juga belom ada pengalaman di bidang F&B dan kalo yang fulltime itu apa harus yang punya pengalaman di F&B kak ?

    ReplyDelete
  71. Assalamualaikum kak, saya tamatan smk, sekarang gak kuliah, belum ada pengalaman kerja,klo saya mau ambil yg full Time, apakah bisa kak? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  72. halo kak, mau nanya untuk kerja part timenya apa di training dulu kalo jadi barista buat yang belum punya pengalaman jadi barista? saya minat buat kerja part time di starbuck tapi belum punya pengalaman sama sekali jadi barista soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tanya ni kau gaji jadi barista berapa kerjanya berapa jam pecinta kopi

      Delete
  73. Mau tanya dong aku pengen kuliah sambil kerja juga tapi katanya jurusan kuliahnya harus perhotelan/pariwisata ya? apa gak ngaruh di jurusan kuliah nya? Mohon di jawab ya makasih

    ReplyDelete
  74. Kak ini yang mau daftar harus lulusan smk atau universitas perhotelan aja kah?

    ReplyDelete
  75. kak kalau aku apply kerja lewat web terus di kotaku nggak ada starbucks, gimana kelanjutannya kalau seumpama diterima?

    ReplyDelete
  76. good morning jam, sorry to disturb I want to ask, why is it always "this page isn't working" every time I submit an application at Starbucks through the online application. I've tried it on my cellphone and dialed it over and over again ... but it always does. can you help kak, min. thankyou

    ReplyDelete
  77. ka sesudah isi formulir kira kira kapan ya kita di kirim kan emailnya?

    ReplyDelete
  78. slot online depo pulsa tanpa potongan Informasi slot online deposit pulsa tanpa potongan, agen MPO slot, situs slots online deposit pulsa tanpa potongan, agen slot mpo terbaik

    ReplyDelete
  79. Untuk pria pakaiannya harus seperti apa? Apakah harus pakai kemeja putih dan celana bahan hitam dan pantofel? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  80. Ka aku buka instagram yang tertera ditulisan kaka ko gaada postingan ya? cuman link untuk isi CV aja? apa sudah ganti?

    ReplyDelete
  81. kak misalnya lita lulus nih, udah medical check-up juga .. tapi kita gak jadi ttd kontrak m, .. kita gak kena penalty kan ?

    ReplyDelete
  82. ka kl udh dapet surat kontrak tpi jadwalnya diundur udh 2 minggu itu pasti keterima ga ya?atau belum tentu?

    ReplyDelete
  83. halo kakak, aku baru baca blog kakak, makasih yah sebelumnya udh buat ini, aku semester 3 tahun ini dan kak aku mau nanya, buat krs tuh yang dimaksud gimana sih? kita kasih selembaran bukti krs gitu atau gimana? makasih sebelumnya

    ReplyDelete

UP Alert (http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com)

Hola, Su sitio web: http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com (HTTP(s)) se encuentra Online nuevamente (Estuvo Offline 2y ...