Tuesday, March 22, 2016

Kenali Simtot Phobia

Artikel oleh : Selsa Idillah ( XII IPA 1 SMA Negeri 1 Rengat )

Kenali Simtom Phobia



          Istilah phobia sudah tidak asing lagi bagi kita. Phobia bukan termasuk gangguan mental berat, sehingga tak mengherankan ada begitu banyak penderita phobia yang kita temui di masyarakat. Namun, tidak berarti semua ketakutan dikategorikan sebagai phobia. Terdapat tanda dan gejala yang harus diperhatikan. Apakah kita salah satu nya ? Mari telusuri diri kita.
         Phobia adalah rasa takut irasional pada suatu hal atau fenomena. Hal ini berpengaruh pada emosi seseorang. Ketakutan termasuk dalam phobia apabila menyebabkan suatu keadaan dimana mental seseorang tidak mampu mengendalikan rasa takutnya. Sedangkan, dalam kenyataannya, hal yang ditakuti hanya menimbulkan bahaya yang sedikit, bahkan tidak ada. Phobia yang umum ditemukan adalah ketakutan terhadap ketinggian, tempat gelap, tempat tertutup, jalan raya, mengemudi, jarum, serangga terbang, dan ular.
          Setelah mengenali phobia, kita juga harus mengetahui simtot phobia. Yakni sebagai berikut :

  1. Perasaan panik yang tidak terkendali terhadap sumber ketakutan
  2. Melakukan berbagai cara untuk menghindari subjek phobia
  3. Tidak realistis dan membayangkan berbagai hal buruk akan terjadi
  4. Peningkatan rasa cemas
  5. Keringat yang berlebihan
  6. Sering mengalami sakit kepala
  7. Sulit berkonsentrasi
  8. Mual dan muntah
  9. Tubuh bergetar
  10. Ketegangan otot dan sesak nafas
  11. Kewaspadaan berlebih ( over alertness ) 

          Perlu ditekankan, penderita phobia bukanlah orang gila. Maka dari itu kita tidak perlu takut untuk mengetahui phobia yang kita miliki. Karena hal itu merupakan langkah awal untuk mengatasinya. Apabila simtom-simtom diatas telah anda rasakan, segeralah diatasi, karena semakin dibiarkan akan semakin sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika telah mengganggu kelangsungan hidup anda. Untuk mengatasinya anda dapat berkonsultasi kepada psikolog atau ahli kejiwaan.

Baca juga : Pentingnya Mengkonsumsi Sayuran

No comments:

Post a Comment

UP Alert (http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com)

Hola, Su sitio web: http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com (HTTP(s)) se encuentra Online nuevamente (Estuvo Offline 2y ...