Saturday, March 15, 2014

Perkembangan Masa Kolonial di Indonesia

halo sobat,
kembali lagi di blog saya, pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang Perkembangan Masa Kolonial di Indonesia. kita sebagai warga negara indonesia masih banyak yang tidak tahu tentang sejarah yang pernah terjadi di negeri kita ini. nah pada ulasan ini saya akan berbagi kepada sobat sekalian.


PERKEMBANGAN MASA KOLONIAL DI INDONESIA

1.       Portugis dan Prancis
Sejak tahun 1511 M, portugis menduduki Malaka. Dibawah pimpinan Antonio d’abreau, armada portugis tiba di Ternate melalui laut cina selatan. Pada tahun 1512 M. Pada saat yang sama, tersebut kabar bahwa Spanyol telah bersekutu dengan Tidore, maka timbullah pertentangan antara kedua bangsa tersebut. Portugis dan Spanyol sama-sama menuding telah melanggar perjanjian TORDESSILAS.

2.       Belanda
Usaha bangsa Eropa untuk menjelajahi wilayah dilakukan pula bangsa Belanda. Dimulailah ekspedisi belanda menuju wilayah Nusantara dibawah pimpinan Cornelius de Houtman. Pada tahun 1596 M mereka mendarat di pelabuhan Banten, namun rombongan pertama belanda tidak membuahkan hasil apa-apa, karena mereka bersifat kasar dan tidak sopan terhadap warga setempat.
Ekspedisi kedua Belanda dipimpin Jacob Van Neck. Pada tahun 1598, rombongan ini mendarat di Banten,dengan berbekal pengalaman pahit dari ekspedisi sebelumnya mereka berlaku sopan dan hormat kepada penduduk setempat. Keberhasilan ekspedisi Belanda kedua telah mendorong para pedagang belanda untuk datang ke Nusantara. Tak lama Johan Van Oldenbarneveldt mengusulkan masyarakat Belanda untuk membuat kongsi dagang seperti yang dilakukan Inggris dan Prancis.
Pada tahun 1602 M, belanda mendirikan kongsi dagang yang bernama Vereenigde Oostindishe Campagnie (VOC) atau Persekutuan Peruhasaan Hindia Timur. VOC kemudian menjadi alat Belanda untuk menanamkan kolonialisme / imperialisme di indonesia.

3.       Inggris
Pelayaran orang-orang Inggris ke Nusantara tertinggal dibandingkan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda. Sebenarnya sejak tahun 1580 M, Inggris telah singgah di ternate dibawah pimpinan F. Drake saat melakukan perjalanan keliling dunia. Demikian pula Thomas Cavendish yang pernah berlayar sampai ke pulau Maluku pada tahun 1586 M, pada saat itu inggris belum berniat untuk mengambil keuntungan dari Nusantara, namun sejak mendengar Cornelius de Houtman sampai di Banten dan ekspedisi berikutnya banyak mendatangkan keuntungan, maka inggris tergugah untuk berlayar dan mendirikan kongsi dagang di Nusantara.
Pelayaran pertama Inggris dipimpin oleh James Lancaster dan John Davis. Ekspedisi inggris ini berhasil mencapai Aceh dan Banten pada 1602.

seperti itulah cerita singkat tentang Perkembangan Masa Kolonial di Indonesia, semoga ulasan diatas dapat berguna bagi sobat sekalian. :)

No comments:

Post a Comment

UP Alert (http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com)

Hola, Su sitio web: http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com (HTTP(s)) se encuentra Online nuevamente (Estuvo Offline 2y ...