Saturday, January 7, 2017

PENGALAMAN TES STIS 2016



#USMSTIS #MPBSTIS #PTK #KEDINASAN


Hallo adik2, apa kabar yang sudah kelas 3 SMA ?? Sudah siap menghadapi UN ?? Sudah menentukan Pilihan di PTN , PTS, atau PTK ?? 

Aku mau berbagi pengalaman nih, walau Gagal di Tahap Akhir, setidaknya dapat menjadi pengalaman berharga  hehe, dan mungkin dapat menjadi inspirasi dan menambah pengetahuan adik-adik, semoga bermanfaat. 

Langsung saja ya, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah naungan Badan Pusat Statistik yang lulusannya akan langsung berstatus Pegawai Negeri dengan pangkat/golongan IIIA . Biaya pendidikan di STIS adalah Gratis ditanggung pemerintah, bahkan setiap bulan kita bakal dapat TID (Tunjangan Ikatan Dinas) yang katanya sekarang udah sampe 1jt loh

Gimana sih cara masuk STIS

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIS itu ada 3 tahap. 


  • Kalau zaman dulu , tahapannya yaitu :

1.    Tes Matematikan , B.Inggris, dan Pengetahuan Umum
2.    Tes psikotes dan wawancara ( paling menentukan dan menyisihkan banyak calon )
3.    Tes kesehatan 

Lulusan STIS langsung berstatus CPNS Gol. IIIA dan tinggal menunggu pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)  dengan jarak satu atau dua bulan setelah lulus, namun semenjak moratorium PNS, para lulusan STIS pun terkena dampaknya dimana lulusan tahun 2012 dan 2013 ada yang dirumahkan satu tahun, ada yang menganggur, ada yg magang terus, dll. Untuk menjadi PNS mereka harus mengikuti kembali TES KEMAMPUAN DASAR (TKD) dimana TKD merupakan tes wajib bagi peserta CPNS jalur umum (bukan lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan). Namun, semenjak 2013 atau 2014 tes TKD diadakan bagi seluruh mahasiswa STIS pada semester ke-4, jadi jangan khawatir lagi, lulusan STIS pasti langsung kerja ikatan dinas.

  • Untuk tahun 2015 kemarin tes nya tetap 3 tahap , yaitu :

1.       Tes Matematika, Tes B.Inggris, dan Tes Pengetahuan Umum
2.       Tes Psikotes ( hanya psikotes )
3.       Tes Wawancara dan kesehatan

Ini aku kasih kisi2 soal psikotes tahun 2015 yang aku dapat dari anak stis yang aku contact . Soal psikotes tahun 2015 : 

1.       12 soal gambar
2.       36 soal gambar
3.       25 soal aritmatika
4.       15 soal logika
5.       40 soal sama beda
6.       225 soal kepribadian
7.       tes wartegg
8.       tes DAP ( draw a person )
9.       tes DAT ( Draw a tree )
10.   10 tentang diri kamu


  • Oke, kita masuk tes untuk tahun 2016, tahapan seleksi tetap 3 tahap namun agak sedikit berbeda, aku akan jelaskan secara rinci untuk tes tahun 2016.

  Tahapan Tes :
1.       Tes Matematikan dan Tes B.Inggris ( tidak ada tes pengetahuan umum )
2.       Tes Psikotes
3.       Tes TKD dan Kesehatan

TAHAP SATU, Tes Tahap 1 : Untuk tes Matematika dan B.inggris seperti biasa yaitu menjawab soal objektif

TAHAP DUA, tes tahap 2 adalah tes psikotes saja. untuk tes Psikotes tahun 2016 :
Materi nya ada 8 sub test, yaitu :

1.       Tes Kraepelin (menjumlahkan dua angka yg berdekatan dengan cepat dari bawah ke atas -- belajar di internet atau buku psikotes -- tujuan : uji kecepatan dan ketahanan - perbanyak latihan!)
2.       Tes kemampuan verbal 10 soal dan logika dalam cerita  25 soal (mencari kesimpulan dari beberapa premis)
3.       Tes “sama beda gambar” 40 soal (kerjakan secepat mungkin)
4.       Tes kepribadian diri 225 soal (kamu bakal diberi 2 pernyataan dalam 2 option yaitu A dan B, pilih salah satu option yg paling sesuai dengan diri kamu, biasanya pernyataan yang sama banyak diulang dalam beberapa nomor, maka pertahankan konsistensi jawaban, itu mempengaruhi penilaian terhadap diri kamu, bersikap jujur adalah cara terbaik, karna kalau berbohong akan ketahuan dan malah mengurangi poin)
5.       Tes Wartegg (tes melanjutkan gambar dari sebuah titik atau garis - saran aku untuk “garis lurus” lanjutkan dengan gambar benda mati , sedangkan untuk “garis lengkung” lanjutkan dengan gambar benda hidup)
6.       Tes DAP ( draw a person – saran aku menggambar org HARUS lengkap seluruh anggota tubuh baik mata, jari , hidung, telinga, dll. Gambarlah manusia nyata, dan Jangan menggambar kartun, untuk jenis kelamin tokoh pada gambar sebaiknya disamakan dengan diri anda, tokoh pada gambar harus memiliki profesi dengan didukung atribut)
7.       Tes BAUM TREE (menggambar pohon- saran aku  Gambarlah pohon DIKOTIL seperti mangga dll. Sebaiknya gambar di beri Buah , gambar harus Lurus dalam artian dahan nya tidak condong kekanan atau kekiri tetapi seimbang, gambar juga akarnya, goresan pensil sebaiknya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, dan sebaiknya selesai dalam satu goresan, tidak digores gores, dari cara menggambar dan bentuk gambar kamu , dapat dinilai bagaimana kepribadianmu )
8.       Terakhir, Menuliskan 10 pernyataan tentang diri kamu
Itulah tes psikotes! Jika kepribadian kamu dirasa layak untuk berada di STIS maka kamu akan direkomendasikan untuk mengikuti tahap 3 ( berarti lolos tahap 2 )

TAHAP TIGA,Tes tahap 3 yaitu TKD dan Kesehatan. Tes TKD terbagi dalam 3 sub materi yaitu : 

1.       Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK ) 35 soal , soal benar bernilai 5 dan soal salah bernilai 0.  passing grade atau nilai minimalnya nya 40% dari nilai maksimal.
2.       Tes Intelegensi Umum ( TIU ) 30 soal, setiap soal benar bernilai 5 dan soal salah bernilai 0. Passing Grade atau nilai minimal nya 50% dari nilai maksimal.
3.       Tes Karakter Pribadi ( TKP ) 35 soal. Semua jawaban A,B,C,D,E adalah benar (tidak ada jawaban yang salah) , penilaiannya berdasarkan jawaban yang paling tepat yaitu 5 point ( 5-4-3-2-1 ). Passing Grade atau nilai minimum yaitu 120 . 

Catatan : Tes TKD menggunakan sistem CAT ( Computer Assisted Test , setelah selesai mengerjakan kamu akan langsung tau hasilnya bahwa kamu memenuhi passing grade atau tidak. Orang tua kamu juga bisa melihat langsung setiap hasil kamu menjawab soal di TV yang disediakan panitia di luar ruangan Tes.

Peserta yang dinyatakan memenuhi standar nilai TKD maka akan mengikuti Tes Kesehatan berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan.  Kelulusan Tes Tahap III ditentukan dari kombinasi peringkat nilai tes TKD dan Hasil Tes Kesehatan. Tidak hanya dari hasil Tes TKD saja. Jadi usahakan score TKD kamu bagus , supaya bisa bersaing secara nasional. Dan sering-sering cek websitenya sebelum tes , karna kadang2 ada info info mendadak seperti harus membawa lembar2 presyaratan yang baru saja diinfokan melalui website.

Aku sudah sampai di tahap 3 yaitu tes kesehatan, namun sayang sekali aku gagal di tahap akhir ini. Walaupun sampai sekarang aku tidak tahu titik lemahnya dimana. Hasil Tes Kesehatan tidak diberikan. Sedangkan Hasil Ujian TKD aku cukup bagus untuk bersaing dengan peserta lainnya. Bisa jadi penentuan akhir nya berdasarkan akumulasi nilai tes dari tahap satu. Tetap Positif Thinking saja, karena rezeki tidak akan lari kemana. For your information, Pengumuman hasil setiap tes selalu diumumkan pada jam 12 malam tepat, sesuai tanggal yang ditetapkan. Jadi setiap udah mau masuk tanggal pengumuman, siap siap deh buka websitenya jam 12 malam dengan perasaan gugup. Hehehe 

Akhirnya, sekarang aku kuliah di Universitas Riau dengan Jurusan Hubungan Internasional, lolos melalui jalur PBUD (Penerimaan Bibit Unggul Daerah) *jalur khusus provinsi Riau dan Kepulauan Riau

Pesan aku buat adik2 kedepan : 

1.      Jangan kalah sebelum perang
2.    Pelajaran yang dikasih kak Maria itu sangat penting dan berguna nanti dalam tes , catatannya jangan sampai hilang
3.    Ikuti semua tes yang ada, semua jalur yang ada,  karna kita tidak tahu dimana tuhan menempatkan kita
4.     Kalau tidak masuk satu jalur jangan kecewa, berarti memang bukan disitu jalan terbaik kamu,
5.   Pesan Terpenting! Selalu Berdoa, dan gantungkan Harapan kamu sepenuhnya pada Tuhan, karna ketika kamu menggantungkan harapan kamu sepenuhnya pada Tuhan, maka Ia punya seribu cara ajaib untuk menolong kamu. Pilihan Tuhan adalah yang terbaik, bukan pilihan manusia.

Udah kayak "Mario Teguh Golden Ways" aja ya wkwk 

Itu aja info yang bisa aku bagikan yaa, semoga bermanfaat, dan semoga kalian tertarik dan lolos masuk STIS! Fight! 

Terimakasih kepada Tuhan yang selalu memberikan berkat-Nya, terimakasih kepada kedua orangtua yang selalu memberikan dukungan, juga terimakasih kepada kak Maria (Summith Math Program) yang selalu kasih motivasi dan support-nya, terimakasih kepada teman-teman kelas XII IPA 1 (ROMANCE) SMA N 1 Rengat yang selalu menjadi teman dalam suka dan duka. 

Link Sekolah Tinggi Ilmu Statistik : http://www.stis.ac.id/

*Nb: Tulisan diatas adalah murni pengalaman pribadi, apabila terdapat kesalahan penulisan, Informasi yang keliru, ataupun terdapat kata-kata yang kurang tepat, mohon dimaafkan.

36 comments:

  1. Daaaeeebaakk.....
    Mantap kali bang eben
    Tahun depan coba lagi lah bang,manatau jodoh *eh

    ReplyDelete
  2. waduh mantan comment, haha ada ada aja namanya,@mantan

    ReplyDelete
  3. makasih kak kiki :) @kikiramadanti

    ReplyDelete
  4. kak, tes kesehatannya apa aja yg diperiksa? mohon dijawab,terimakasih

    ReplyDelete
  5. Fix kita senasib :(
    Coba lagi gak tahun ini?

    ReplyDelete
  6. Kak, tes kesehatan itu disuruh ngapain ya ?

    ReplyDelete
  7. Kak, tes kesehatan itu disuruh ngapain ya ?

    ReplyDelete
  8. @Tri Widi Wati hehe aku kemarin lolos juga di jurusan Hubungan Internasional Universitas Riau, jadi gak tes lagi tahun ini :)

    @ahimsa Bm tes kesehatannya ga macem-macem kok, seingat kkak cuma tes narkoba/urine, tekanan darah, tinggi dan berat badan, ronsen, tes darah, pokoknya ga banyak2 deh, asal badan sehat aja gamasalah, yang penting sebelum tes kesehatan usahakan badannya bener2 fit.

    ReplyDelete
  9. Kak boleh tanya tes kesehatannya itu ngapain aja? Apakah sedetail seperti kepolisian atau hanya medical cek dr rumah sakit?

    ReplyDelete
  10. Kak mata minus 5 keatas pengaruh apa tidak?

    ReplyDelete
  11. Kak mau nanya :
    1 kalau kraeplin pindah perkolomnya brapa detik ya? trus ada berapa kolom?
    2 Kalau kemampuan verbal apa aja ya? Sinonim, antonim, analogi kata? trus apa lagi kak?
    3 Yang logika itu gimana ya tipenya? kayak logika matematika biasa atau agak sulit dan panjang soalnya?
    4 Tes kepribadian 225 nomor itu EPPS ya?
    5 dan menuliskan 10 pernyataan tentang diri kamu itu contohnya gimana ? apa ada ketentuan khususnya?
    Terimakasih kak :) saya tes tahun ini :)

    ReplyDelete
  12. Wah gagal di tahap yang sama min. *Tos* temen seperjuangan wkwk

    ReplyDelete
  13. kak mau tanya, soal menggambar rumah pohon dan org itu ada tdk? tks:)

    ReplyDelete
  14. @anonymous engga ada dik, cuma disuruh gambar pohon, kalau adik punya buku tes psikotes pasti ada keterangan lebih lengkapnya :)

    ReplyDelete
  15. Kak tes kesehatan meliputi apa aja (yang lebih detail).

    Makasih.

    ReplyDelete
  16. Ka maaf mau tanya kalo orang yang mempunyai asma apakah bisa lulus di tes kesehatan?

    ReplyDelete
  17. Kak pertanyaan penting nih, apakah tinggi dan berat badan harus proposional ?
    Apakah kakak ingat ada yg lulus badannya over ?

    ReplyDelete
  18. Selama masih minat dan usia maksimal 22 tahun pada tahn tes,coba lagi aja dek :)
    Banyak teman seangkatan saya yg nyoba 2-3 kali baru lolos :)
    Mereka lebih survive disini karena memang minat mereka,apalagi Eben cuma gagal dikesehatan,mungkin karena dari wilayah tes Eben banyak yg lebih "fit" dan hasil kesehatan nya jauh lebih bagus,selama Eben yakin sehat tes lagi aja :)

    ReplyDelete
  19. Kak maria siapa ya bang?mbak?

    ReplyDelete
  20. Aku gagal di psiko kak (udah ngelewati tes b ing & mtk, TKD, Psiko)
    Aku ngerjain nya semua nya jelek bgt
    Mulai kraepelin yg cuma dpt dikit, gambar juga gak pinter, analogi dan kesimpulan2 itu aku sudah, panjang2 bgt
    Terus EPPS itu kayak nya yg paling menentukan ya kak? Kira2 ada nggak kak, ketentuan kepribadian di stis yg lebih akan diperhitungkan, misal extrovert atau introvert??

    Oya kak, katanya juga tes kes nya tuh detail bgt, sampe ada tes keperawanan, apa itu bener kak??

    ReplyDelete
  21. Hallo teman-teman dan adik-adik, maaf ya tidak semua comment nya bisa terbalas satu-satu :')
    untuk persiapan Psikotes dan TKD sebaiknya memang banyak-banyak latihan, bisa baca2 buku nya, di toko buku seperti Gramedia pasti ada tuh.
    kalau untuk Soal tes Kepribadian kamu ga usah khawatir, isi saja sesuai kepribadiannya, kalau bohong nanti malah ketahuan.
    kemudian untuk tes kesehatannya, yang penting siapin kondisi tubuh yang fit, tes kesehatan nya tidak seperti masuk Kepolisian atau STAN yang menggunakan tes fisik. Tes Kesehatan di STIS hanya mengecek Tinggi, Berat, Tekanan darah, Rontgen Paru-Paru, Urine, Darah, dan kesehatan umum lainnya :)

    oh ya tadi ada yang nanya juga kak maria itu siapa ya? haha, kak Maria itu Pemilik dan pembibing Matematika tempat aku bimbingan belajar waktu SMA.

    Buat teman2 yang bernasib sama, semoga kita selalu mendapatkan hal yang terbaik :) tetap semangat :D

    kalau ada yang mau ditanyakan lagi dan butuh fast respon silahkan kontak ke email admin yaa :) di ezherezher@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Makasih, Kak. Artikelnya bagus banget, inspired enough lah. Thanks yaaa 😊

    ReplyDelete
  23. mau tanya ni kak, untuk tes darahnya ada tes hepatitis tidak? atau tes Hbsag?

    ReplyDelete
  24. Malam kak, kalau tinggi dan berat bedan itu harus ideal ya kak? Saya underweight soalnya.

    ReplyDelete
  25. wahhhh kesehatan juga...
    panitia curang
    gak d kasih tau hasil nya
    wkkkkk

    ReplyDelete
  26. Hallo @catur arbaatun, terimakasih kembali :))
    Hallo @said , kalau untuk tinggi dan berat badan dicari yang ideal tentu nya, tapi jangan patah semangat yaa, harus tetap dicoba, jangan mau kalah sebelum perang

    ReplyDelete
  27. Kak mau tanya, aku kan lulusan taun ini rencana daftar stis taun depan. Itu ada persyaratan khusus kaya nilai UN min. 7 ngga kak??

    ReplyDelete
  28. Hallo @Nurul Komariah, kualifikasi setiap Tahun nya tentu berbeda. Untuk memperoleh informasi terbaru dan lebih akurat silahkan selalu cek laman resmi nya. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  29. Bismillah stis 2019 amin. . Kalau boleh tau Tes akademik kakak berapa?

    ReplyDelete

UP Alert (http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com)

Hola, Su sitio web: http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com (HTTP(s)) se encuentra Online nuevamente (Estuvo Offline 2y ...