Saturday, March 19, 2016

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Artikel oleh : Revinta Monache Hardiman ( XII IPA 1 / SMA Negeri 1 Rengat )

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

          Berbicara tentang kesehatan, tentu saja semua orang mendambakan tubuh yang sehat dan ideal. Tubuh yang sehat adalah sebuah kondisi dimana tubuh kita siap untuk menghadapi segala aktivitas yang akajn kita lakukan. Keadaan seperti ini tentunya akan mebuat segala pekerjaan yang kita lakukan menjadi lebih produktif dan berkualitas. Pada dasar nya untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidaklah terlalu ribet, bahkan ada begitu banyak cara yang dapat kita lakukan.

          Pertama, yaitu Tidur Teratur. Tubuh kita tentunya membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh kita akan siap menghadapi kesibukan di hari esok. Memang terkadang banyak sekali tuntutan-tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan dengan segera, hal ini sering sekali kita jadikan alasan untuk begadang. Pada dasarnya begadang boleh saja, asal tidak terlalu sering dilakukan, karena begadang dapat menyebabkan banyak penyakit seperti jantung, penurunan fungsi otak, hati, dan lain-lain. Akan lebih baik jika kita tidur pukul 9 malam dan bangun pada pukul 3 pagi, karena selain tubuh kita mendapat istirahat yang cukup, pikiran kita juga akan lebih jernih dan tenang untuk menyelesaikan sisa-sisa pekerjaan yang menumpuk. Jadi mulailah pola hidup sehat anda dengan tidur teratur.

          Kedua, konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna. Mengapa ? Karena makanan 4 sehat 5 sempurna dapat memenuhi kebutuhan energi pada tubuh kita dan memberikan asupan gizi yang seimbang. Sehingga, jika kita mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna tubuh kita akan lebih aktif dan giat dalam beraktivitas. Bahkan dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, kita dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit di hari tua nanti. 

          Ketiga, jangan berlebihan dalam bekerja. Jika anda seorang pekerja, diharapkan jam kerja anda tidak lebih dari 10 jam/hari. Jika lebih dari 10 jam/hari dikhawatirkan tubuh akan rentan terhadap penyakit karena terlalu berlebihan dalam penggunaannya saat bekerja. Berilah istirahat yang cukup pada tubuh anda.

        Keempat, olahraga. Bila perlu, luangkan satu hari khusus untuk berolahraga dan melakukan refreshing. Hal itu akan membuat tubuh anda kembali bugar dan siap untuk kembali berutinitas.

          Kelima, jauhilah segala jenis makanan cepat saji ataupun sering disebut fastfood/junkfood. Karena fastfood sama sekali tidak memberikan manfaat bagi tubuh anda. Mengkonsumsi fastfood hanya akan menimbulkan penyakit bagi tubuh anda. Salah satu dampak mengkonsumsi fastfood adalah penyakit obesitas atau kegemukan. Selain menghindari fastfood, anda juga sebaiknya tidak merokok. Begitu banyak saraf kita yang akan rusak jika kita menghirup asap rokok. Jangan berada di sekitar orang yang merokok. Merokok pasif lebih berbahaya dibandingkan merokok aktif.

          Jadi, untuk mendapatkan hidup sehat, kita harus menerapkan pola hidup sehat dan hiduplah di tempat yang sehat pula, dan yang terpenting untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah konsistensi dan disiplin diri yang tinggi , sehingga usaha apapun yang kita lakukan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga : Pentingnya Mengkonsumsi Sayuran

No comments:

Post a Comment

UP Alert (http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com)

Hola, Su sitio web: http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com (HTTP(s)) se encuentra Online nuevamente (Estuvo Offline 2y ...