Friday, March 18, 2016

Contoh Artikel : Makin Maraknya Kenakalan Remaja

Artikel Oleh : Suhendra (XII IPA 1 / SMA Negeri 1 Rengat)

Makin Maraknya Kenakalan Remaja 

          Di era yang baru pada zaman sekarang ini, pergaulan remaja adalah contoh kecil akibat globalisasi. Pergaulan remaja mulai keluar dari batasan budaya Indonesia. Banyak remaja yang melakukan hal-hal yang sangat merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Banyak remaja yang meniru cara berpakaian dan bahkan meniru pergaulan remaja di negara negara barat yang mereka lihat di televisi dan internet. 
         Tidak hanya itu, kebiasaan merokok di kalangan remaja sudah tidak asing lagi. Merokok dianggap sebagai sebuah symbol kehebatan dan kekuatan. Bahkan pelajar SD (sekolah dasar ) juga sudah ada yang merokok. Kebiasaan seperti ini pada dasarnya dipengaruhi oleh lingkungan sosial remaja tersebut. Selain itu, kurangnya pengawasan dan kontrol dari orang tua juga menjadi faktor penyebab kebiasaan ini. Di era globalisasi ini, banyak orang tua yang sibuk akan pekerjaannya yang menyebabkan kurangnya perhatian yang diberikan terhadap tingkah laku anaknya.
          Kebiasaan merokok dapat berujung kepada penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Hal ini banyak terjadi di kalangan remaja karena psikologi remaja yang masih labil dan mudah dipengaruhi oleh oknum-oknum yang mencari keuntungan dengan menjual narkoba. Kenakalan remaja seperti ini dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa Indonesia di masa mendatang. Narkoba dapat menjatuhkan mental anak bangsa Indonesia yang cerdas dan penuh kreatif dalam berkarya.
         Sebagai generasi muda, kita para remaja hendaknya menjauhi perilaku penyimpangan yang kerap menggoda di era globalisasi ini. Remaja sebagai penerus bangsa ini haruslah mempunyai mental yang sehat, cerdas, dan tangguh dalam menghadapi efek-efek negatif kemajuan zaman yang mulai menyerang Indonesia. Hanya remaja yang mampu bertahanlah yang akan menggapai kesuksesan di masa mendatang.

No comments:

Post a Comment

UP Alert (http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com)

Hola, Su sitio web: http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com (HTTP(s)) se encuentra Online nuevamente (Estuvo Offline 2y ...